Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian

Ujian Sekolah atau sering di sebut juga Ulangan, adalah suatu ujian yang digunakan untuk menentukan sebara pintar kah kita dalam menguasai suatu pelajaran yang di ajaran sekolah. Baru hari sabtu kemarin gue nyelesaiin Ulangan Semester Satu, huuuuh.....akirnya. Pada ulangan kemarin, setelah gue amati banyak di antara temen temen gue yang nyontek atau melakukan hal curang waktu mengerjakan, tapi masih ada sebagian dari mereeka yang mengerjakan soal dengan jujur.

  Baca Juga :

Dari kalangan para penyontek mereka tak sekedar menyontek, melainkan mereka memiliki cirikas  tersendiri untuk menyontek. Bahkan dari beberapa siswa dan siswi yang ada di ruangan gue, mereka memiliki cirikas masing masing ketika mengerjakan soal. Kali ini gue bakalan ngasih info ke kalian tentang hal yang udah gue amatin tentang Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian.

Pengamatan ini gue ambil waktu Ujian kemarin dan menghasilkan dua golongan, yaitu golongan jujur dan golongan penyontek. Golongan penyontek sendiri memiliki beberapa tipe atau beberapa cara mereka melancarkan aksi menyonteknya.

Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian

  1. Tipe Saber ( Golongan Jujur )

    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian

    Tipe yang satu ini adalah tipe yang selalu optimis dan mau berusaha. Tipe yang ini memiliki pemikiran yang luas dan kebanyakan tipe yang ini adalah orang yang cerdas. Dalam mengerjakan Ujian, Tipe Saber lebih memilih belajar jauh jauh hari dan bahakan mereka tetap belajar semalam sebelum ujian.

    Biasanya tipe ini yang selalu memimpin Ujian atau menjadi perwakilan dalam ruangan itu ketika ada panggilan. Tipe Saber memiliki pedoman bagaikan kesatria, dimana dia lebih memilih dapat nilai jelek dari pada mendapat nilai bagus tapi bukan hasil usaha ( Sama seperti kesatria yang lebih memilih makan gaplek tapi merdeka, dari pada makan steak tapi di jajah ).

    Tipe ini tidak mau menjatuhkan harga dirinya hanya demi mendapat nilai bagus dengan menyontek, mangkanya tipe ini giat belajar demi mendapat nilai bagus tanpa menyontek. Gue sempat menjadi tipe ini ketika waktu Ujian mata pelajaran Matematika, karena gue ngerasa kotor atau merasa kurang bangga jika Nilai Matematika gue hasil nyontek.
  2. Tipe Archer atau Sniper ( Golongan Cheater)
    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian
    Pemanah atau penembak jitu, biasanya memiliki konsentrasi dan memiliki penglihatan yang cukup tajam serta memiliki pengamatan yang hebat. Tipe ini memiliki penglihatan yang tajam dan memiliki penglihatan yang tajam. Bahkan tipe ini mampu melihat jawaban temannya dengan tepat meski jawaban temannya tidak terlalu jelas ketika dilihat.

    Tipe ini mengincar mangsa nya atau mengincar jawaban temannya dengan memperhatikan gerak gerik temannya atau selalu fokus pada lembar jawaban temannya. Ketika lembar jawabannya sedikit terbuka tipe Archer langsung menembak. Meski hanya satu jawaban yang diperoleh tipe archer, ia akan langsung mengisikannya ke lembar jawabannya.
  3. Tipe Joker ( Golongan Cheater )

    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian

    Tipe ini adalah tipe yang paling cerdik dan sangat licik bagaikan joker dan memiliki rencana yang perfek. Salah satu temen gue ada yang sengaja  nggak masuk pada pada salah satu mata pelajaran yang tidak dia kuasai. Dia bukan tidak masuk karena menghindari Ujian melainkan agar mendapat nilai bagus "loh...kok bisa? caranya gimana?"

    Ia sengaja tidak masuk agar mengikuti Ujian Susulan .Sebelum Ujian Susulan, ia menyuruh teman baik mereka untuk memfotokan soal Ujian untuk dikerjakan dirumah, agar sewaktu Ujian Susulan dia tinggal menjawab soal soal Ujian dengan mudah. Berhati hatilah dengan tipe ini. karena saat kalian meminta jawaban ke tipe ini, bisa jadi kalian malah mendapat jawaban yang salah.
  4. Tipe Gotong Royong ( Jujur dan Golongan Cheater )

    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian

    Gue sendiri sangat kagum dengan tipe yang satu ini, dari namanya sudah jelas kalau tipe ini suka menolong sesama. Tipe ini tidak memandang kaya atau miskin, pintar atau tidak, dari suku apa, dari keturunan apa, dan tidak memandang warna kulit, karena menurut mereka berbeda beda tapi tetap satu jua. Tipe ini sangat menjunjung tinggi semboyan binekatunggalika.

    Biasanya tipe yang satu ini membuat kelompok belajar untuk menghadapi Ujian. Mereka saling membantu dan saling menutupi kekurangan masing masing. Saat yang satu tidak bisa mengerjakan, nantinya akan dibantu oleh teman yang lain. Sebenarnya tipe ini terpecah menjadi dua, jujur dan Cheater. Yang bagian jujur udah gue jelasin diatas dan yang cheater biasanya mengerjakan soal dengan cara bagi tugas, si A ngerjain bagian ABC dan si B mengerjakan bagian isian.
  5. Tipe Assasin ( Golongan Cheater )
    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian
    Apa kalian pernah melihat Film Now You See Me? Tipe Assasin adalah tipe yang lincah dalam melakukan gerak gerik. Sebagai gambaran nya kalian bisa lihat cuplikaannya pada Film Now You See Me 2 ketika para agen berusaha mengambil cip dan di sembunyikan pada kartu, serta dengan lincahnya kartu itu berpindah tempat secara cepat dan tepat.

    Gue sendiri kadang menjadi tipe ini ( bukan kadang lagi sih, setiap Ujian gue jadi tipe ini ). Sempat ketika gue mau ngumpulin hasil absen ujian di meja guru, gue ngelirik di meja guru dan nampaklah sebuah kunji jawaban dan dengan cepat semua jawaban ABC  gue simpen di ingatan gue. Tipe ini juga kadang menyembunyikan contekannya pada soal, karena mereka tau kalau menyembunyikan contekan di laci bangku itu akan malah dicurigai. Tipe yang ini adalah tipe yang paling kreatif ketika menyontek.... dan paling jarang ketahuan
  6. Tipe Sailent ( - )
    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian
    Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian yang satu ini adalah tipe yang pendiam. Tipe ini golongan ini sangat sulit di tebak, dan karena sulit saya bingung mau menempatkan pada golongan apa. Tipe ini kadang waktu ditanya temannya saat Ujian, ia akan menjawab "belom" atau bahkan dia akan diam saja tanpa merespon.

    Tipe yang satu ini biasanya mengerjakan soal dan selesai paling duluan padahal beberapa menit yang lalu dia menjawab belom kepada teman yang menanyai jawaban padanya. Tipe ini kebanyakan adalah orang yang pelit dan tidak senang berbagi ( salah satunya berbagi jawaban )
  7. Tipe Supranatural ( Golongan Ahsudahlah )

    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian

    Tipe yang satu ini adalah tipe yang putus asa. Saat tipe ini putus asa mengerjakan soal Ujian, bukannya mereka berpikir lebih keras tapi mereka malah percaya dengan dadu atau dengan kancing baju. Mereka akan menggulirkan dadu atau menghitung kancing baju untuk menentukan jawaban dengan harapan berhasil mendapat jawaban yang benar.

    Sangat tidak disarankan meniru tipe ini, karena dari pada percaya pada dadu lebih baik percaya pada naluri.
  8. Tipe Religius ( Golongan Jujur )
    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian
    Tipe Religius adalah tipe yang berserah diri pada yang maha kuasa. Biasanya kalau tipe ini sudah benar benar tidak bisa mengerjakan, ia akan menggunakan ilmu pangawutan ( ilmu naluri, dimana kita memilih jawaban sesuka kita atau secocok kita ). Kadang saya juga menggunakan ilmu pangawutan ini, jika saya kehabisan amunisi untuk mengerjakan soal Ujian.
  9. Tipe Bersenjata ( Golongan Cheater )
    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian
    Tipe yang satu ini adalah tipe yang mempunyai contekan yang berupa benda, contohnya smartphone. Mereka akan menggunakan smartphone mereka untuk mencari jawaban yang menurut mereka sulit. Tak cuman smartphone, mereka juga menyiapkan berbagi amunisi untuk menyontek. Mereka mempersiapkan amunisi mereka sewaktu malam sbelum Ujian. Biasanya mereka menyimpan amunisa di laci bangku atau bahkan memasukkannya di baju.
  10. BONUS

    Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian
Itulah beberapa Tipe Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Ujian. Sebenarnya mereka semua belajar, tapi belajar mereka kurang efektif dan jadinya menyontek. Tapi mereka tidak menyontek semua jawaban, mereka hanya menyontek jawaban yang tidak mereka kuasai.

Gue sendiri juga penyontek, gue tau menyontek itu salah jadi gue hargain aja satu soal saat gue menyontek sama dengan 10 kali push up. Jadi waktu gue nyontek satu soal, sesampainya di rumah gue push up ( Intinya sebagai hukuman buat gue karena udah nyontek ). Mungkin gitu aja kali ya postingan kali ini, jika ada salah kata atau typo kata mohon dimaafkan dan diberitahu di komentar yak.

Seperti biasa sekian dan terimakasih

8 comments

Dulu sebelum Ormas-Ormas bertebaran gue sering menggunakan "Jurus Malak" kalo emang udah mentok nih otak :D
" Nomer tiga sampai enam bro ! "
" A - A - D - C "
" oke ! "
" Itu bukan jawaban, tapi film favorit gue :P "
" Anjeees !! "

Reply

eh btw itu poin 1,2 dan 3 memenya bikin sendiri? nek misal bikin sendiri mending edittt tulisannya putih di border hitam atau sebaliknya, biar enak kebacanya hahah :D

kalo aku jujur aja pas UAS, UTS waktu SMA emang kadang nyontek kalo ada kesempatan. kalo enggak, ya gak maksain, sejadinya aja. Aku juga bukan tipe orang yang nyiapin contekan jauh2 hari sih, aku nyiapin belajar aja, pahamin apa yg mau dikeluarin di ujian. kadang sebel kalo pelajaran bahasa inggris suka banyak yang minta jawaban, jd pura2 tuli aja. abis itu dimusuhin :D mantab jiwa.

Reply

Golongan jujur adalah golongan yang semakin hari semakin sedikit keberadaannya di bumi.

Menurut gue sih ada satu tipe lagi, tipe tidak mau diganggu gugat. Dia tidak mau menyintek serta tidak mau pula dicontekin. Apapun hang terjadi meski bumi gonjang ganjing ia tetap akan fokus pada lembar soal dan jawabannya tanpa peduli sekitar

Reply

Tipe yang mau nyontek tp gak mau di contekin itu ngeselin. Rasanya minta di cubit.
Makanya kita perlu konsisten sama diri sendiri. Jujur sama diri sendiri. Biar gak nyontek. Tapi semisalkan udah kpepet bgt, biasanya saya nunggu ada ilham aja hehe. Kadang ada temen yang baik ngasih tau dengan sendirinya

Reply

Anjir aku tipe supranatural dong nih jadinya wkwk, pake kancing baju nramalinnya biar keisi semua jawabannya

Reply

wkwkwk ada-ada aja nih, kalo aku tipe gotong royong
pantang keluar kelas sebelum temen-temen selesai, ntar kalo yang keluar duluan biasanya dibully pas jam istirahat. untung kesadaran di ruang kelasku kompak, jadi Alhamdulillah lulus semua hehehe

kalo golongan jujur sepertinya udah jarang ya, karena kebanyakan temen-temen pada gak jujur hehehe

Reply

Kadang jadi tipe gotonh royong (tapi biasanya pas ngerjain pr sih), kadang jadi tipe sailent juga (tapi nilainya malah jelek wkwkwkwk). Duh kalo soal contek menyontek kayaknya paling parah pas jaman SMK deh... Jadi kangen nyontek eh sekolah...

Reply

Post a Comment