5 Sosial Media Terbaik untuk Promosi Online Shop

Sosial Media, adalah tempat dimana kita sering membuang buang waktu di sana. Kadang kita cuman bengong nge stalking mantan atau gebetan, atau kadang kita cuman nungguin chat dari si doi? Padahal kalau di manfaatkan secara baik, Sosial Media bisa di manfaatkan sebagai ladang emas yang sangat menggiurkan.....
Online Shop

Kali ini saya akan membahas tentang 5 Sosial Media Terbaik untuk Promosi Online Shop. Apa sih Online Shop? Online Shop atau sering di sebut Toko Online adalah tempat kita membeli atau menjual barang tetapi di lakukan secara online.

Pada jaman seperti ini penggunaan Social Media sudah semakin meluas. Melihat peluang yang begitu besar ini, banyak pelaku Online Shop yang memanfaatkan sebagai ladang bisnis. Promosi melalui Social Media tergolong sangat mudah, maka dari itu Social Media adalah tempat yang pas untuk memulai membangun Online Shop dari awal.

Dengan Social Media, omsed kita berbisnis Online Shop bisa melejit naik asalkan dilakukan dengan telaten dan sabar. Ini ada 5 Sosial Media Terbaik untuk Promosi Online Shop, menurut saya.

  1. Facebook
    Facebook adalah Social Media yang dapat dikatakan sebagai situs terpopuler saat ini. Pengunjung Facebook saja 1,100,000,000 - Estimated Unique Monthly Visitors. Teman teman juga bisa mengiklan di Facebook, harganya juga terjangkau karena menyesuaikan jumlah klik yang kita dapat.

    Dulu saya pernah membuka Online Shop di Facebook, awalnya saya memposting produk yang ingin saya jual di halaman beranda Facebook saya setelah itu saya lanjutkan masuk ke grup grup Facebook yang masih aktiv atau rame dan mempromosikan nya di sana.

  2. Instagram
    Instagram merupakan tempat untuk berbagi foto atau video. Ini juga bisa di manfaatkan untuk para pembisnis Online Shop mencari nafkah dengan cara mengupload foto foto produk mereka. Instagram juga dilengkapi dengan fitur “Filter” yang tentu saja akan menambah kesan seni yang tentunya dapat membuat pengunjung akun anda merasa tertarik untuk membeli produk anda.

    Pengunjung Instagram dapat diperkirakan sekitar, 100,000,000 - Estimated Unique Monthly Visitors.

  3. Twiter
    Twiter adalah Sisial Media yang tidak kalah tangguh dengan Facebook. Di Twiter sangat terkenal sekali dengan istilah #Hastag. Dengan #Hastag kalian bisa menargetkan produk kalian yang ingin di jual secara tepat. Jadi kalau kalian ingin menjual ke produk kalian ke orang berumur 18, kalian tinggal mencari #Hastag yang sesuai.

    Di twiter, kalian harus rajin mengelola Follower akun kalian, jangan sampai kalian di Unfollow karena itu akan menyebabkan penjualan menurun. Pengunjung bulanan dari Twiter sekitar, 310,000,000 - Estimated Unique Monthly Visitors.

  4. Kaskus
    Kaskus adalah forum terbesar di Indonesia. Di dalam kaskus terdapat forum forum yang berisi berbagai perkumpulan komunitas tertentu. Teman teman bisa ikut serta dalam komunitas yang sama  dengan bidang usaha yang teman jalankan, dari situ anda bisa memperoleh pelanggan yang tertarget sesuai kebutuhan.

    Anda juga bisa menikmati fitur FJB di Kaskus, atau bisa di sebut Forum Jual Beli. Di Kaskus juga tersedia fitur Brangkas, tentunya  akan membuat jual beli anda lebih aman.

  5. Sosial Media di Smartphone
    Di Smartphone juga terdapat beberapa sosial media yang berbasis aplikasi, antara lain Line dan BBM. Sebenernya Instagram juga termasuk, tapi karena sudah saya sebutkan dan jelaskan di atas ya nggak saya jelasin lagi di sini.

    BBM, hampir setiap orang mempunyai BBM. Di BBM kalian bisa mengirim pesan secara bersamaan yaitu dengan Broadcast. Dengan mengirim pesan secara bersamaan ke seluruh kontak anda dengan sekali klik, itu akan membuat kalian tidak terlalu membuang buang waktu.

    LINE, tentunya sudah tidak asing kan? di Line apa kalian pernah mendengar  OA Line? OA Line adalah Official Akun di Line, banyak dari teman teman saya yang mencoba menggunakan ini untuk menjual produk mereka dan penghasilan mereka meningkat. Dengan OA line kalian bisa mempromosikan produk kalian dengan mengepostkan di beranda kalian atau dengan mengirimkan pesan kepada seluruh anggota di OA line kalian dengan sekali klik.

Dengan memanfaatkan Sosial Media dengan baik, kita dapat mengembangkan bisnis Online Shop kita dengan baik. Jika kalian punya info lagi tentang Sosial Media yang pas untuk mempromosikan suatu produk, jangan sungkan sungkan untuk memberitahukan di komentar ya. Mungkin cukup sekian info dari saya, jika ada kurang lebihnya mohon maaf.

Saya menerima berbagai masukan dari pembaca blogs ini jadi jangan sungkan sungkan mengkritik dengan berkomentar di bawah. Seperti biasa Sekian dan Terimakasih.

Gambar : pixabay.com

17 comments

semua sudah diterapin gan, selama ini facebook masih dominan

Reply

Ya... bener facebook emang incaran pembisnis...

Reply

Memang sosial media di zaman sekarang bisa jadi ladang bisnis yang sangat menarik. Tergantung jenis produk apa yang kita jual. Bagi kalangan anak muda zaman sekarang, mungkin Line dan BBM bisa jadi yang paling banyak menjaring pelanggan. Karena kedua sosial media ini fleksibel dengan berbentuk messenger sehingga lebih mudah bagi pelanggan untuk bertanya dan order. Interaksi pun bisa terjadi secara real-time, serasa berada di tempat yang sama dan saling mengobrol. Kalau melalui Facebook, Twitter, atau Instagram bisa saja pelanggan harus menunggu dulu kalau hanya sekedar bertanya dan mungkin tidak bisa bertanya terlalu detil.

Reply

Facebook favoritku hehehe
Karena jangkauannya luas dan banyak yg pakai FB juga. Apalagi kalau usaha, ig juga cocok sih

Reply

Minggu lalu barusan dapat materi seperti ini. tambah satu lagi gan. Google juga tempat promosi yang sangat efektif. Salah satunya google map. Kalau kita sudah verified oleh google, tempat usaha kita bisa muncul di google map, yang bakal terlihat kalau pas ada user melihat peta didaerah usaha kita.

martinsetiawan.com

Reply

Kalau saya, lebih senang jualan via bbm dan line. Sehingga, lebih privasi menjaga kebutuhan pelanggan. Sip nih, nice post...

Reply

hmmmm.....gue cuman ngerti menggunakan facebook sebagai media promosi, dan gua juga nggk terlalu paham dengan medsos - medsos seperti IG, line, apalagi twitter

Reply

Untuk ulasan post sosial media ini , keren lah... ini berbicara tak hanya teori tapi juga pengalaman pribadi.. mantaps dah..

Reply

kaka gue juga online shopan
yang gue tau kaka gue cuman mempromosikannya lewat BBM nya saja
padahal, menurut apa yg lu jelasin
banyak medsos yang bisa digunakan buat promosi
padahal kaka gue punya fb, tapi kagak dipromosiin, sayang juga ya :D

Reply

saya juga sudah hampir 2 minggu ini jualan online..
paling senang pakai instagram, karena langsung sekalian terhubung ke Facebook dan Twitter..
Kalo untuk di grup Facebook jagonya.. Apalagi kan sekarang banyak sekali grup jual beli di Facebook..
BBM juga cepet.. Hihihi
Intinya sih harus rajin-rajin promosi aja.. Hehehe

Reply

semua udah dipraktekin nih, yg paling sering facebook sama instagram aja. soalnya lebih cepat promosinya, banyak penggunanya

Reply

Tapi tetep tergantung target pasaran dan produknya juga sih menurutku. Kalo aku lebih suka pakai fb dan bbm soalnya kalo di ig saingannya banyak banget, sementara folowerku engga nyampe ribuan, jadi kesannya kurang terpercaya. Lagian target pasaran aku teman teman kampus dan teman teman sepermainan di lingkungan tempat tinggal, gitu

Reply

Memang Facebook Media Paling Pass Buat Promosi Online Shop Terlihat Dari Pengguna FB Semakin Hari Semakin Bertambah.

Instagram juga Ampuh Sih Buat Promosin Online Shop..

Nice Post :)

Reply

Bener banget, kebanyakan para pembeli lebih suka penjual yang fast respont. Jadi lebih banyak social media yang berada di smartphone

Reply

Waaaah bertambah satu lagi nih :D

Reply

bener kak dipi, denger denger jualan jilbab ya kak...semangat ya kak

Reply

Wah kalau temen se kampus mending makek Facebook ataupun BBM. Tapi kalau IG kita optimalin aja dengan ngefollow banyak orang biar dapet follback

Reply

Post a Comment