Fakta Menarik Seputar Olympic Games Rio 2016

Olympic Games Rio 2016
Olimpiade Musim Panas 2016 secara resmi bernama Games of the XXXI Olympiad, dan secara umum disebut Olimpiade Rio 2016, adalah ajang olahraga internasional utama yang akan diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brasil, dari tanggal 5 sampai 21 Agustus 2016. Diperkirakan lebih dari 10.500 atlet dari 206 Komite Olimpiade Nasional (KON), termasuk dari Kosovo dan Sudan Selatan yang ikut serta untuk pertama kalinya, akan berpartisipasi dalam ajang ini. Dengan 306 keping medali, ajang ini akan mempertandingkan 28 cabang olahraga Olimpiade termasuk rugbi sevens dan golf, yang ditambahkan oleh Komite Olimpiade Internasional (KOI) pada tahun 2009.

Rio de Janeiro memang menjadi tuan rumah utama. Namun, ada lima kota lain yang menjadi penopang Kota Rio sebagai tuan rumah. Lima kota tersebut adalah São Paulo, Belo Horizonte, Salvador, Brasília, dan Manaus.

Supermodel Brazil Gisele Bundchen bakal ditahbiskan sebagai host upacara pembukaan Olimpiade Rio di Stadion Maracana. Tahun 2015 saja Gisele diestimasi meraih pendapatan lebih dari 44 juta US Dollar (574 milliar rupiah). Pendapatannya mengalahkan supermodel" model ternama seperti Kendall Jenner, Gigi Hadid, dll.

Sejak empat bulan sebelum Olimpiade dilaksanakan, panitia lokal Olimpiade Rio memulai program kursus bahasa Inggris online gratis bagi sopir taksi di Kota Rio. Mereka diberi bekal basic conversation skill. Para sopir taksi akan menjadi warga pertama Brazil yang menyambut turis asing di bandara.

Setelah absen cukup lama (112 tahun), cabang olahraga golf kembali dipertandingkan di Olimpiade Rio. Sebelumnya, golf tercatat hanya 2 kali dilombakan. Yakni di Olimpiade 1900 Paris dan Olimpiade 1904 Amerika Serikat.

Atlet gymnastik AS yang berusia 16 tahun, Laurie Hernandez merupakan salah seorang atlet termuda yang tampil di Olimpiade dan yang termuda pada Olimpiade 2016 ini. Di sisi lain, atlet gymnastik Uzbekistan berusia 40 tahun, Oksana Chusovitina menjalani Olimpiade ketujuhnya. Dia kali pertama tampil di Olimpiade 1992 Barcelona.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) kali pertama mengizinkan atlet-atlet korban pengungsian tampil di Olimpiade. Mereka akan bertanding di bawah bendera Refugee Olympic Team (ROT) yang berisi atas 10 atlet.

Pemerintah Brazil mengeluarkan biaya 37,6 miliar reais atau USD 11,5 miliar (Rp 150 triliun) untuk menyelenggarakan acara ini. Namun Olimpiade 2012 London tetap menjadi yang termahal dengan biaya USD 15 miliar (Rp 196 triliun).

SUMBER : KASKUS


Post a Comment