Kelebihan Python dibanding Bahasa Pemorgraman Lain, Membuat banyak Programmer Melirik



Baru-baru ini bahasa permrograman Python semakin melambung. Banyak programmer Indonesia yang mulai memperbincangkan dan beralih haluan. Sebenarnya apa itu Python Programming? Dan mengapa Pyhton jauh lebih baik disbanding bahasa pemrograman lain? Anda harus mempelajarinya, bukan hal yang sulit kok. Silahkan lanjutkan membaca.
Berdasarkan Wikipedia.org,
Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.
Sebenarnya Python sendiri adalah sebuah bahasa pemrograman high-end dan user friendly. Tidak heran kalau dinegeri paman sam python adalalah bahasa pemrograman yang pas untuk pembelajaran, bahkan ada ebook python for kids.
Python sangat dikenal terutama untuk pengguna LINUX, karena banyak tools yang dibangun dengan bahasa yang satu ini. Bukan berarti tidak bias berjalan di windows, python adalah multi-platform language, artinya bias berjalan di Linux, Windows maupun Mac OS.
Untuk web-programming, Python juga didukung banyak web framework, salah satu yang terkenal adalah django. Seperti situs besar asuhan Mark Zuckerberg instagram misalnya, dibangun dengan django dan python programming.
Semakin hari kebutuhan programmer Python terus meningkat, membuat banyak orang beralih haluan. Dari PHP ke python misalnya.
Beberapa kelebihan python diantaranya adalah:
1.       memiliki kepustakaan yang luas; dalam distribusi Python telah disediakan modul-modul 'siap pakai untuk berbagai keperluan.
2.       memiliki tata bahasa yang jernih dan mudah dipelajari.
3.       memiliki aturan layout kode sumber yang memudahkan pengecekan, pembacaan kembali dan penulisan ulang kode sumber.
4.       berorientasi objek.
5.       memiliki sistem pengelolaan memori otomatis (garbage collection, seperti java)
6.       modular, mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru; modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++.
7.       memiliki fasilitas pengumpulan sampah otomatis, seperti halnya pada bahasa pemrograman Java, python memiliki fasilitas pengaturan penggunaan ingatan komputer sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan ingatan komputer secara langsung.
8.       memiliki banyak faslitas pendukung sehingga mudah dalam pengoprasiannya.
Mungkin itu dulu ulasan sedikit tentang kelebihan bahasa pemrograman Python. Jika postingan saya membantu kalian semua tolong tinggalkan jejak dan jadilah silent reader yang baik dengan membagikan postingan ini jika bermanfaat.

2 comments

Python memang mantep gan, gw juga belajar coding python

Reply

lagi ane pelajari nih... lumayan buat ngoding Visual Novel

Reply

Post a Comment